Kategori

30/06/2024

Pantau News

Aktual dan Terpercaya

MK Kabulkan PHPU DPRD Dumai, Besar Kemungkinan PDIP ‘Tikung’ Kursi NasDem

PANTAUNEWS.COM – Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai.

Hasil putusan itu, dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) di Daerah Pemilihan (Dapil) Dumai 4. Hakim MK Suhartoyo menyampaikan putusan tersebut pada sidang yang berlangsung di Gedung 1 MK, Jakarta Pusat, Kamis hari ini, 6/6/2024.

Sebelumnya diketahui, PDIP mengajukan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun 2024 PHPU Anggota Legislatif Tahun 2024) ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin, 29/4/2024 lalu.

Saat dikonfirmasi Ketua DPC PDIP Kota Dumai Uber Firdaus, Kamis, 6/6/2024, membenarkan bahwa MK mengabulkan permohonan terkait PHPU untuk pemilihan Anggota DPRD Kota Dumai.

Baca Juga:  Komisi IX: Investigasi Kebocoran 279 Juta Data Harus Tuntas

“Alhamdullilah, ternyata apa yang kita perjuangan selama beberapa bulan ini terkabul. Ada 2 TPS di Dapil Dumai 4, akan digelar PSU,” kata Uber Firdaus yang diketahui saat ini berada di Jakarta, tampak senang.

Dalam putusan yang dibacakan Hakim MK, memerintahkan kepada Termohon untuk melaksanakan PSU di TPS 17 ) dan TPS 07 Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai, sesuai dengan peraturan perundang – undangan dalam waktu paling lama 30 (tiga puluh hari) hari sejak Putusan a quo diucapkan dan menetapkan perolehan suara hasil pemungutan suara ulang tersebut tanpa perlu melaporkan ke Mahkamah.

Dikatakan Uber Firdaus, ada total 518 DPT di kedua TPS yang akan dilaksanakan PSU. Terkait adanya kemungkinan, PDIP Dumai akan menyalip kursi ke-9 (terakhir) di Dapil 4, tampaknya Uber optimis.

Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Corona, Lurah se-Kecamatan Dumai Timur Turun Langsung ke Lapangan

“Setelah di-Nolkan, perolehan suara PDIP Dapil Dumai 4 pada 2 TPS tersebut, menang 16 suara,” ujar orang nomor satu di PDIP Dumai ini tampak semangat.

Diketahui pada Pileg Dumai Februari 2024 lalu, perolehan suara antara PDIP dan Partai NasDem selisih sedikit di Dapil 4. Pada hasil pleno kecamatan di Dapil 4, antara PDIP dan NasDem hanya selisih 9 suara.

Dari 9 kursi DPRD Dumai Dapil 4, dengan selisih 9 suara bilangan bagian, PDIP hampir memperoleh 2 kursi. Persaingan yang cukup ketat saat itu, berdasarkan hasil pleno tingkat kota, NasDem Dumai Dapil 4 mendapat 3 kursi.

Ditempat terpisah, Ketua KPUD Dumai Zulfan juga membenarkan bahwa MK telah mengabulkan permohonan terkait PHPU untuk pemilihan Anggota DPRD Kota Dumai Dapil 4.

Baca Juga:  Penabrak Pesepeda Hingga Tewas, Sang Sopir Pajero Dijerat Pasal Berlapis

“Iya benar,” tukas Zulfan. (*)

Penulis: Edriwan

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *