Kategori

30/06/2024

Pantau News

Aktual dan Terpercaya

Resmi Terbentuk, Pembina LBH MAPAN: Jadilah Pendekar Hukum bagi Masyarakat Lemah

PANTAUNEWS.COM – Bertepatan tanggal Juni Hari Lahir Pancasila, Kantor Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat Pancasila Nusantara (LBH MAPAN) resmi terbentuk, Sabtu, 1/6/2024.

Begitu banyaknya persoalan yang timbul dikalangan masyarakat atas ketidaktahuan mereka serta kesadaran tentang hukum, LBH MAPAN berkantor di Jalan Diponegoro (Sukajadi) No.74 , Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai, siap melayani bagi pencari keadilan khususnya kaum lemah.

Struktur kepengurusan LBH MAPAN ini diantaranya ada beberapa advokat senior, ahli hukum, dan juga Paralegal, nantinya akan membantu masyarakat kurang mampu yang ingin perlindungan serta bantuan hukum. Jadi dengan dibukanya Kantor LBH MAPAN ini, masyarakat kurang mampu yang dibantu tanpa terkecuali.

Disampaikan Direktur Eko Saputra,. SH,.MH,. CPL, LBH MAPAN ini akan fokus terhadap memberikan layanan hukum baik konsultasi serta pendampingan hukum baik secara litigasi maupun non litigasi.

“Tentunya, hal ini teruntuk bagi masyarakat tidak mampu sebagai sumbangsih anak bangsa untuk pembangunan hukum nasional,” kata Eko dalam keterangannya saat acara peresmian LBH MAPAN.

Baca Juga:  Rumah Ibunda Mahfud Didatangi Massa, FPI: Jangan Kaitkan Habib Rizieq!

Selama ini, begitu banyaknya persoalan hukum yang tidak dapat dirasakan oleh masyarakat kecil bak ibarat ‘tajam ke bawah dan tumpul ke atas’, pria yang sehari hari berprofesi Advokat ini menambahkan bahwa akibat masyarakat selalu menjadi korban ketidaktahuan.

“Jika menyangkut atas persoalan hukum dan meminta perlindungan selalu mereka merasa kesusahan untuk menghadapi persoalan hukumnya. Maka dari itu sangat dipandang perlu LBH ini hadir untuk memberikan layanan hukum kepada masyarakat tidak mampu dan dapat mengakses secara gratis dan merata,” ujar Direktur LBH MAPAN, yang akrap disapa Eko ini menjelaskan.

Selanjutnya, Eko memaparkan dengan adanya LBH MAPAN ini dirinya berharap bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang tengah mengalami persoalan hukum maupun berbenturan dengan para aparat penegak hukum yang ada di Kota Dumai.

“Kami berikan layanan cuma-cuma kepada masyarakat. Selain bantuan hukum, kami juga akan fokus memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah,” paparnya.

Baca Juga:  Peringatan HUT ke-28, PT Pelindo Dumai Gelar Customer Gathering

Dijabarkan Eko lagi, bahwa ada perbedaan dengan LBH lainnya yaitu LBH MAPAN lebih mengutamakan integritas. Dalam tugasnya membantu rakyat kecil, mereka tak membedakan latar belakang SARA (suku, agama, ras dan antargolongan).

“Ya, jadi kami adakan penyuluhan nantinya, maksudnya supaya masyarakat sekitar lebih memahami tentang hukum. Seluk-beluk dan apa saja yang harus dilakukan saat berhadapan dengan persoalan hukum,” terang Eko yang juga seorang akademisi dibeberapa kampus di Kota Dumai.

Saat peresmian kantor sekretariat, tampak turut hadir Pembina LBH MAPAN David Saro,. ST,.MH. Dalam sambutannya, David Saro mengapresiasi dan berterimakasih kepada Seluruh Pengurus LBH MAPAN dapat menjadi ‘pendekar hukum’ bagi para pencari keadilan khususnya masyarakat lemah.

“LBH MAPAN ini harus menjadi inspirasi dan aspirasi bagi masyarakat, baik pelayanan maupun jasa seperti halnya jasa biasa. Dengan tetap memegang teguh etika dan integritas,” tukas Pembina LBH MAPAN.

David juga berpesan, kepada LBH MAPAN untuk bisa bekerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah hingga lembaga lainnya.

Baca Juga:  Zaidar Wati Akui Sebagai Pemilik Sah, Masyarakat Kampung Baru Pertanyakan Solusi BPN Dumai Terkait Permukiman yang Sudah Didiami Puluhan Tahun

“Karena semua punya SDM, jadi semoga LBH MAPAN ini bisa memberi tenaga dan pikiran dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum dimasyarakat. Sehingga hal itu harus dipertahankan dan ditingkatkan,” tegas David.

Disamping itu pula, LBH MAPAN ini tentu membuka ruang selebar-lebarnya bagi Masyarakat yang membutuhkan layanan bantuan hukum baik pidana, perdata, waris, TUN, keluarga serta persoalan Narkotika.

“Intinya, tentu bagaimanapun instansi harus memberi perhatian kepada kalangan yang lemah. Orang yang mampu kan bisa cari lawyer, tapi masyarakat miskin belum tentu, karena terbatas akses dan lainnya. Nah peran itu seharusnya LBH ini hadir di tengah masyarakat dan harus di bantu,” pungkasnya.

Bagi masyarakat yang butuh pelayanan serta bantuan bisa datang langsung ke kantor LBH MAPAN saat jam kerja dari Senin – Kamis dari Jam 08.00 s/d Jam 15.00 Wib atau bisa menghubungi ke Email : lbhmapan.info@gmail.com. ***

Penulis: Edriwan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *